Sunday, September 6, 2015

Arahan Tugas Mata Kuliah Pancasila

http://www.pusakaindonesia.org/wp-content/uploads/2014/06/pancasilaa.jpg

Berikut ini saya paparkan penjelasan mengenai tugas mata kuliah pancasila di kelas bimbingan saya. Tugasnya adalah lebih memahami nilai sila pertama dari pancasila, KETUHANAN YANG MAHA ESA.


Mengapa pemahaman sila KETUHANAN YANG MAHA ESA saya pilih sebagai tugas?.



Dalam beberapa catatan, negara Indonesia dikatakan sebagai negara Ketuhanan, namun ironinya kejadian-kejadian yang terjadi di nusantara ini, jauh dari nilai Ketuhanan.


Apabila nilai ajaran Tuhan untuk jujur sudah meresap kedalam jiwa kebanyakan manusia, maka angka korupsi dapat ditekan. Kenyataannya...

http://cdn.ar.com/images/stories/2011/11/koruptor.jpg

Apabila nilai ajaran Tuhan untuk tegas dan lembut sudah meresap kedalam jiwa kebanyakan manusia, maka angka kekerasan dapat ditekan. Kenyataannya...
http://www.snpk-indonesia.com/Images/Infografis/id/2014_12_1.png



Apabila nilai-nilai ajaran Tuhan sudah meresap kedalam jiwa kebanyakan manusia, maka bumi ini akan menjadi tempat yang tentram, nyaman, dan aman.

http://peaceambassadortraining.com/sites/all/modules/theshiftnetwork/tsn_courses/frontend/files/PeaceAmbassadorTraining2/images/hands.jpg


Ini pentingnya nilai Ketuhanan untuk dipahami, kemudian diaplikasikan. Langkah awal mengenali nilai Ketuhanan, ialah lebih mampu mengenali diri.

Kenapa harus mengenali diri untuk dapat lebih memahami nilai Ketuhanan?

Tuhan menciptakan manusia berbeda, bahkan manusia yang kembar pun tidak dapat disamakan. Perbedaan manusia, antara yang satu dengan yang lainnya memiliki makna bahwa setiap manusia pun harus diperlakukan berbeda antara yang satu dengan yang lain, dan Tuhan MEMBERI TUGAS YANG BERBEDA-BEDA KEPADA SETIAP MANUSIA sebagai wakilnya di bumi. 

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/7d/ea/e9/7deae9a9b25cbc75934e7cc3d2087df7.jpg

Tugas manusia di bumi ini bukan sekedar makan, minum, buang air besar  juga kecil, dan bereproduksi. ADA AMANAH YANG LEBIH DARI ITU BAGI SETIAP HAMBA-NYA, AGAR ATAS NAMA-NYA MANUSIA MAMPU BERKOLABORASI MENCIPTAKAN SITUASI YANG NYAMAN, TENTRAM DAN AMAN DI BUMI.
http://lauramarietv.com/wp-content/uploads/2013/06/are-you-here-to-do-this.jpg

Maka wajarlah apabila ada istilah, “barang siapa yang mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhannya”. Kenali potensi kita, kembangkan seluruh kemampuan. Maka kita akan paham bahwa ada yang Maha Berkemampuan.

Uraian Tugas :

1.       Tugas anda terdiri atas 2 unsur, yaitu substasi dan kreatifitas. Penilaian atas unsur substasi poin maksimal 70, untuk unsur kreatifitas poin maksimal 30. Jadi anda dapat mendapatkan poin 100 apabila mengikuti aturan tugas yang diberikan.

2.       Untuk substansi, berikut arahannya :
a.    Anda boleh melampirkan hasil psikotest anda terdahulu ketika SMA atau  akan lebih baik apabila anda melampirkan hasilterbaru analisa karakter dan potensi berdasarkan tulisan tangan / graphology, atau lampiran lainnya tentang diri anda atas bimbingan mentor yang professional. Disarankan hasil terbaru agar lebih akurat memaparkan diri anda yang sekarang, berkaitan manusia adalah makhluk yang dinamis, penuh perubahan. 

   Apabila yang anda lampirkan hasil karakter dan potensi sederhana dari social media, maka poin anda akan minim. Apalagi hanya berdasarkan perkiraan orang-orang dekat,poin akan lebih minim lagi. Poin lebih tinggi akan diberikan kepada yang melampiran hasil berdasarkan bimbingan mentor profesional. 

Berikut contoh lampiran analisa berdasarkan mentor professional :

Hasil Graphotest Halaman Ke-1
Hasil Graphotest Halaman Ke-2


Ada 2 halaman lagi yang tidak saya tampilkan, namun intinya menyatakan bahwa saya memiliki 

potensi kecerdasan KINESTETIK, INTERPERSONAL dan LINGUISTIK.


(INFO : Anda yang ingin mendapatkan hasil analisa terbaru, namun memiliki kendala pembiayaan, silahkan anda menghubungi saya setelah perkuliahan untuk mendapatkan alternatif solusi).
b.    Dari analisa graphotest atau test lainnya yang selaras (poin a diatas),anda sudah mendapatkan saran beberapa potensi terbaik yang mengarahkan anda ke dalam wilayah pekerjaan tertentu

Kemudian paparkan aktifitas anda saat ini dengan bukti foto, kaitkan dengan analisa potensi terbaik diatas, apakah selaras dengan hasil analisa ataukah tidak.

Misal :
Kecerdasan Kinestetik


Kecerdasan Interpersonal dan Linguistik

"Analisa graphotest yang sesuai dengan keseharian kegiatan penulis, menambah keyakinan untuk lebih semangat menjalani aktivitas, karena menjadi lebih yakin bahwa penulis berada di jalur yang tepat untuk mampu menjadi yang terbaik di bidangnya"


c.   Dari analisa poin a, selain saran potensi terbaik, anda telah mendapatkan pandangan karakter positif dan negatif, lantas paparkan bagaimana respon anda. Terutama bagaimana solusi terhadap karakter negatif anda. Misal :

"Dari hasil graphotest mengenai karakter penulis (paparkan kembali karakter apa saja yang dimaksud), semua dirasa pas. Penulis seperti diingatkan bahwa memang penulis memiliki kelemahan-kelemahan tersebut, dan penulis akan berjuang membenahinya dengan saran solusi yang diberikan pada uraian graphotest (paparkan kembali solusi mana yang akan dijalani)"


3. Untuk bentuk kreativitas, dapat anda lihat beberapa contohnya di file photo akun twitter @info_RMR. Misal :

Contoh Kreatifitas Tugas a.n Mutiara

Apabila tugas anda dalam bentuk softcopy, maka silahkan tugas anda di burn ke CD/DVD kemudian tetap dikemas dengan menarik / kreatif.

FYI. TUGAS DIKUMPULKAN DI KELAS, MAKSIMAL PADA PERTEMUAN KE-14 PERKULIAHAN KEWARGANEGARAANArtinya anda boleh mengumpulkan lebih cepat, sebelum pertemuan ke-14.

No comments:

Post a Comment