Thursday, February 20, 2014

Landraad


http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/01/COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Zitting_van_de_Landraad_te_Meester_Cornelis_West-Java_TMnr_10001913.jpg
Landraad adalah istilah yang berarti Pengadilan Negeri Hindia Belanda. Istilah landraad sempat aktif dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia, karena Belanda memang pernah aktif di nusantara. Kini, berdiri tegak sebuah gedung di jalan Martadinata Bandung, namun bukan dengan judul landraad, melainkan PENGADILAN NEGERI KELAS 1A.

Pemakaian nama sendiri dianggap sebagai salah satu bukti bahwa Indonesia telah merdeka, bahwa Indonesia telah  mendapatkan keadilan sebagai negara yang berdaulat. Namun…sudahkan masyarakat Indonesia, mendapatkan keadilan di negara yang dianggap telah merdeka dan berdaulat ini?.

Pengadilan adalah tempat dimana orang-orang berjuang mendapatkan keadilan dari sudut pandang hukum yang berlaku saat ini di Indonesia. Proses perjuangan itu, akan anda saksikan sendiri. Ya, pada semester ini mahasiswa/i yang dididik di kelas hukum bisnis RMR akan melakukan PENGAMATAN ke Pengadilan Negeri Bandung.

Setidaknya ada satu doa utama saya untuk kita semua selepas mencari PELAJARAN HUKUM dan SPIRITUAL di Pengadilan Negeri Bandung. Kita belajar untuk senantiasa MENGASAH KARAKTER sebagaimana agama memberikan pedoman bagi kita untuk menjalani kehidupan. Sehingga dikemudian hari, kita tidak akan pernah merasakan duduk dikursi pesakitan. 



Ada pun ketentuan tugas, adalah sebagai berikut : 

a.        Laporan kunjungan ke Pengadilan Negeri Bandung dilakukan oleh anda, tanpa didampingi oleh saya. Contoh kunjungan dari saya, kemudian pengarahan di kelas tentang teknis kunjungan ke Pengadilan Negeri Bandung kiranya lebih dari cukup sebagai pengantar, karena tugas anda HANYA MENYAKSIKAN KEMUDIAN MEMBERIKAN LAPORAN. Anda sebagai warga negara Indonesia berhak mengikuti agenda sidang (http://www.hukumonline.com/klinik/detail/lt502159e1932a4/bolehkah-masyarakat-umum-mengikuti-persidangan-di-pengadilan)




b. Laporan kunjungan anda dilakukan oleh masing-masing, yang merupakan laporan PELAJARAN HUKUM, yang anda kritisi minimal dengan 5 W + 1 H.

Jangan lupa mencantumkan perkiraan kasus apa yang sedang anda ikuti, dan yang lebih utama MASUKLAH KE PINTU RUANG SIDANG YANG TERBUKA, sebagai tanda bahwa sidang tersebut memang dibuka dan terbuka untuk umum.  

Contoh : 

Anda mendapati bahwa saat jalannya pengadilan ada tersangka kasus memakai rompi berwarna merah. Anda kritisi, MENGAPA orang tersebut memakai rompi berwarna merah? DIMANA saja yang bersangkutan menggunakan rompi berwarna merah? apakah harus memakai rompi berwarna merah? APA maknanya? SIAPA yang memproduksi rompi tersebut? apakah mungkin pihak pengadilan kehabisan stok rompi berwarna merah? apabila habis BAGAIMANA solusinya?.  SEJAK KAPAN diharuskan memakai rompi berwarna merah?

SEMAKIN DETAIL ANDA MENGKRITISI PELAJARAN HUKUM, AKAN SEMAKIN TINGGI SAYA MEMBERIKAN POIN.

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan anda tidak selalu harus ditanyakan kepada pusat informasi di pengadilan, namun juga dapat dicari dengan browsing. Ingat untuk mencantumkan sumber dari jawaban pertanyaan anda. 




c.        Poin dari laporan anda dapat genap menjadi 100, apabila anda mampu memaksimalkan kreatifitas dalam mengemas laporan.(penilaian kreatifitas, maksimal 30). Kreatifitas adalah pola pikir yang tidak pada umumnya. 

Misal : saat anda menjawab bahwa fungsi sisir adalah untuk menyisir, maka anda adalah orang pada umumnya. Berkaitan dengan bentuk laporan, lantas bolehkah laporan tugas ini dalam bentuk power point? atau bolehkah bentuk laporan tugas ini diketik di Microsoft word, dengan ukuran huruf 12, spasi 1,5 dan font times new roman?. JAWABANNYA ADALAH BOLEH. Namun pertanyaannya adalah, apakah anda mampu mengemas laporan tersebut dengan lebih kreatif?

Selepas anda lulus menjadi sarjana, anda akan bergabung dengan ratusan, ribuan bahkan jutaan orang yang bergelar sarjana dalam dunia bisnis. Lantas apa pembeda anda dengan para sarjana lainnya, apabila anda enggan kreatif untuk membentuk ciri khas diri anda?.

Pastikan anda memiliki pembeda  kuat agar orang lain mau memilih anda dalam bekerja sama.


Contoh Pengemasan Tugas Milik Jeri


d.       Dalam laporan, anda WAJIB menyertakan minimal 1 foto, dimana foto diambil di salah satu tempat di pengadilan negeri Bandung. 

POSE FOTO TIDAK HARUS RESMI, KARENA INI AKAN MENJADI SATU KESATUAN DENGAN PENGEMASAN KREATIFITAS LAPORAN ANDA.  NAMUN PASTIKAN SAAT PENGAMBILAN FOTO ANDA TIDAK MEMBUAT KEGADUHAN.


e.        Waktu pengamatan ke Pengadilan Negeri yang efektif dapat dilakukan pada hari Senin-Kamis, antara pukul 10:00 hingga 15:00 W.I.B

f.         INGAT untuk berpakaian rapi, dan berprilaku sopan juga santun. Ikuti aturan dan budaya yang ada di Pengadilan Negeri Bandung. Ikutilah filosofi hidup seperti air, yang mampu beradaptasi sebagaimana wadah tempat ia berada.


TUGAS ANDA DIKUMPULKAN PALING LAMBAT PADA PERTEMUAN KE-14 DI DALAM KELAS (Anda boleh mengumpulkan sebelum pertemuan ke-14)


R. M. R

No comments:

Post a Comment